class='date-header'>Rabu, 24 Oktober 2012

HIEM APA KAOY Peulitek UUPA

 


POLEM: Saya ada sebuah hiem. Saboh pot-pot dua peh-peh // Peut boh pha dua cungkeh. Apa jawabannya? Hahaha.

APA KAOY: Itu hiem nyang sering Polem dengar dari saya. Jawabannya leumo.
POLEM: Hahaha, beutoi. Leumo atawa seujenisnya.
APA KAOY: Karena itu saya jadi teringat tentang Undang-Undang Pomeurintah Aceh (UUPA).
POLEM: Apa hubungannya leumo deungon UUPA?
APA KAOY: Mana bisa jalan seuperti nyang kita harapkan kalau UUPA  itu masih lagee leumo meutaloe idong.
POLEM: Bagaimana pula itu maksudnya?
APA KAOY: Leumo meutaloe idong  biasanya adalah lembu nyang tidak dilepas. Bisa saja lembu itu jimeurot keudroe sesekali. Namun, pemegang ujung tali atawa kendali teutap bak tukang peurabe. Kalau sesuatu nyang tidak dikehendaki oleh tukang peurabe, maka lembu itu pun takkan bisa memakannya. Maka, meunyoe mantong meutaloe idong, that jikarat putoh idong. Begitulah kira-kira deungon UUPA seulama ini, hai Polem.
POLEM: Ka meuho. Beurarti ujong taloe leumo nyan adalah bak jaroe tukang peurabe di Jawakarta sana. Kalau begitu bagaimana pula UUPA itu bisa berjalan seperti keinginan kebanyakan orang Aceh?
APA KAOY: Keu pue neutanyong bak lon? Polem  masih ingat kampanye pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Aceh, dr. Zaini Abdullah-Muzakir Manaf di Stadion Lhong Raya? Waktu itu Muzakir Manaf menyatakan bahwa jika nanti terpilih, semua aturan turunan yang telah diamanahkan dalam MoU Helsinki dan UUPA harus jadi. Nah, meunurut beurita surat haba, setelah sekian tahun terkatung-katung, agar UUPA itu bisa berjalan sesuai amanah MoU Helsinki, Pomeurintah Aceh nyang  terpilih itu seukarang sedang berupaya mewujudkannya.
POLEM: Namun, menurut beurita surat haba lagi, sedang ada pihak nyang memfitnah bahwa Doto Zaini ingin membawa Aceh Merdeka dari RI.
APA KAOY: Biasalah itu dalam dunia peulitek. Kata seorang tokoh (saya lupa namanya), “Kalau politik memecah-belah, maka seni akan menyatukannya kembali”. Maka, perkuatkan kebudayaan bangsa agar tak terpecah-belah.
POLEM: Kalau begitu, kita doakan semoga  berhasil agar UUPA itu tidak lagi seuperti leumo agam  teukurong lam weu.

Sumber: http://atjehpost.com/read/2012/10/24/25212/82/3/Peulitek-UUPA


Tidak ada komentar: